Ayah Aktris “Slumdog” Jual Rubina Rp 3,1 Miliar

slumdog

MENURUT media Inggris, News of the World, Minggu (19/4), Rafiq mencoba menjual Rubina kepada orang kaya dengan harga jutaan rupee atau setara dengan 200.000 poundsterling (Rp 3,1 miliar).

Tawaran itu justru diberikan kepada wartawan News of the World (notw) yang menyaru sebagai keluarga kaya dari Dubai, Uni Emirat Arab, saat menyambangi rumah keluarga Rafiq di perkampungan kumuh Kota Mumbai, India.

Alasan Rafiq demi memberikan masa depan yang lebih baik bagi putrinya. Rafiq juga menyalahkan bos Hollywood yang telah memaksa dia untuk menjual anaknya. “Saya harus memikirkan apa yang baik bagi saya, keluarga, dan masa depan Rubina,” ujarnya.

Dia mengaku keluarganya tidak mendapat apa-apa kendati Rubina mendapat Piala Oscar dan bisa jalan-jalan ke Hollywood atas tanggungan sutradara film, Danny Boyle. “Kami tidak mendapatkan keuntungan apa-apa dari film ini,” tambahnya.

Informasi yang didapat dari informan News of the World terungkap bahwa keluarga Rubina didekati salah satu keluarga kaya dari Timur Tengah yang tertarik untuk mengadopsi Rubina setelah melihat aktingnya pada film Slumdog Millionaire. Setelah itu Rafiq membisikkan syekh gadungan harga yang harus dibayar untuk bisa “mengadopsi” putrinya, 200.000 poundsterling.

Harga itu empat kali lebih mahal dari penawaran awal. Nilainya meningkat setelah Rafiq diprovokasi oleh saudaranya, Mohiuddin. “Anak ini sekarang istimewa. Ini bukan anak biasa. Dia adalah anak Oscar!”

News of the World edisi Minggu (19/4) menurunkan laporan khusus investigasi perdagangan anak di India. Namun, mereka tak menyangka bila salah satu kasus itu ternyata juga melibatkan keluarga aktris cilik pemenang Oscar.

“Seperti Madonna, keluarga Timur Tengah itu juga ingin mengadopsi Rubina dan memberikan masa depan yang lebih baik lagi. Namun, Rafiq menjadi serakah dan akan menawarkan putrinya kepada penawar tertinggi,” terang informan itu.

Dengan menyamar sebagai seorang syekh, reporter News of the World menghubungi Rafiq untuk menyelidiki penjualan anak. “Kita bisa membicarakan perjanjian ini ketika bertemu. Banyak yang menyatakan berminat dengan Rubina,” ujarnya kepada reporter News of the World. Pertemuan di Hotel Leela Kempinski ini membuat kagum Rubina. “Rumah kami hanya sebesar toilet di kamar ini. Kami tinggal di Gharib Nagar,” ujarnya polos.

“Kami memerlukan dua atau tiga bulan lagi. Sebelum kita menyepakati harganya, kami akan datang ke Dubai. Rubina bisa datang dan pergi,” ujar Rajan, juru bicara keluarga Rubina. Jerat kemiskinan telah membutakan mata ayah Rubina yang rela menjual putrinya.

Mereka tidak mengkhawatirkan penjualan anak-anak India yang sedang marak ke Timur Tengah. Di Timur Tengah mereka akan dipekejakan sebagai joki unta dan mendapat pelecehan seksual. Transaksi semacam ini masih jauh dari luar biasa dalam sebuah negara miskin di mana kehidupan manusia dihargai murah dan anak-anak seringkali dianggap sebagai sebuah komoditas.

Informan tersebut mengatakan, “Rubina merupakan keluarga yang hebat. Meskipun ia bermain dengan baik di film itu dan telah menjelma menjadi putri cantik yang terkenal, mereka masih hidup dalam kondisi seperti itu sebelum bermain di film tersebut. “Kehidupan Rubina masih menyedihkan dan dia tinggal di sini dengan ibu tiri. Ia banyak menghabiskan waktunya dengan saya karena dia tidak senang tinggal di rumah orangtuanya,” ujar Rajan.

Kehidupan Rubina dan keluarganya memang tak seberuntung film Slumdog yang dibintanginya yang sukses mencetak pundi keuntungan. Film garapan sutradara muda Inggris Danny Boyle itu mencetak 200 juta dollar AS atau Rp 2,4 triliun di seantero dunia.

Film Slumdog Millionaire mengisahkan hidup anak yatim piatu yang berhadapan dengan kemiskinan, pengkhianatan, penyiksaan polisi, dan kuis ‘Who Wants to Be a Millionaire’ versi India. Semua dilakoninya demi bertemu kembali dengan cinta masa kecilnya. Bintang-bintang film ini bukan artis terkenal, seperti Rubina Ali, Dev Patel. dan Freida Pinto, hingga anak-anak yang dipungut Danny Boyle, sang sutradara, dari kawasan kumuh Mumbai, India. (notb/dri)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: